DSC_0766

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta melaksanakan kegiatan peduli lingkungan penanaman mangrove di kawasan Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul bekerjasama dengan LPB (Lembaga Penanggulangan Bencana) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul. Dalam kesempatan tersebut melibatkan juga KKN PPM UAD Divisi Tirtohargo bersama dengan Kokam dan Hizbul Wathan PDM Bantul.

Kaprodi PBSI FKIP UAD, Dra. Triwati Rahayu, M. Hum., menjelaskan, program peduli lingkungan ini merupakan serangkaian kegiatan Pengabdian Dosen Prodi PBSI. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain kewajiban mengajar dan meneliti, dosen juga diharuskan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, ujarnya.  Lebih lanjut Dedi Wijayanti, M. Hum., selaku Koordinator Pengabdian Prodi menjelaskan serangkaian acara yang dilakukan Prodi PBSI di Kelurahan Tirtohargo selain Program Kecendekiawanan dengan penanaman mangrove ini adalah Pelatihan Penulisan Web Desa/Kelompok,  Pelatihan Penulisan Proposal Hibah Masyarakat, dan juga Pelatihan Berpidato.

Kegiatan penanaman yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaaan ke-72 RI tersebut diharapkan  dapat mengajarkan rasa kepedulian terhadap lingkungan untuk generasi penerus bangsa,  khususnya mahasiswa dan pelajar yang ikut tergabung dalam kegiatan tersebut. Acara tersebut mulai pukul 10.30-13.30 WIB yang sebelumnya didahului dengan kegiatan upacara.