Kuliah Tamu PBSI UAD: Evaluasi Pembelajaran BIPA untuk Penutur Asing
Yogyakarta, 5 Juli 2024 โ Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran BIPA pada Jumat, 5 Juli 2024, yang diselenggarakan secara luring di Kampus IV UAD. Kuliah ini menghadirkan Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum. (Universitas Negeri Yogyakarta) sebagai pemateri, yang membahas metode evaluasi yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).
Dalam pemaparannya, Dr. Ari Kusmiatun menekankan bahwa evaluasi dalam pembelajaran BIPA memiliki peran penting dalam mengukur pemahaman dan keterampilan peserta didik. Evaluasi tidak hanya berfungsi sebagai alat penilaian, tetapi juga sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemateri menjelaskan bahwa evaluasi yang efektif harus mempertimbangkan aspek kebahasaan, budaya, dan latar belakang peserta didik, sehingga dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai perkembangan mereka dalam berbahasa Indonesia.
Selain itu, pemateri menjelaskan berbagai metode evaluasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran BIPA, seperti evaluasi formatif, sumatif, serta penilaian berbasis portofolio. Evaluasi formatif dilakukan secara berkala untuk memantau perkembangan siswa selama proses pembelajaran, sedangkan evaluasi sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian belajar di akhir sesi. Penilaian berbasis portofolio juga menjadi salah satu strategi yang efektif untuk melihat perkembangan peserta didik secara lebih menyeluruh.
Dr. Ari Kusmiatun juga memberikan beberapa tips dalam merancang evaluasi pembelajaran BIPA, di antaranya dengan menyesuaikan alat evaluasi berdasarkan tingkat kemampuan siswa, menggunakan pendekatan yang komunikatif, serta memastikan bahwa proses evaluasi dilakukan secara objektif dan transparan.
Kuliah tamu ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi mahasiswa PBSI UAD dalam memahami pentingnya evaluasi dalam pembelajaran BIPA. Dengan penerapan strategi evaluasi yang tepat, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap dalam merancang sistem penilaian yang efektif dan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran BIPA bagi penutur asing.