PBSI UAD Membatik di Wawasan Keindonesiaan BIPA
/in Berita, Kilas PBSI /by pbsiMahasiswa BIPA Prodi PBSI UAD angkatan tahun 2020 melaksanaan kegiatan membatik dalam rangka untuk menyusun materi untuk modul ke-BIPA-an. Kegiatan ini dilaksanakan pada jumat 10 Juni 2020 bertempat di Batik Kelik. Kegiatan ini di bagi menjadi dua, secara bladed learning yang diikuti oleh 11 peserta luring dan 5 orang mengikuti secara daring. Mata Kuliah BIPA di ampu oleh 2 Dosen yaitu Sudaryanto, M.Pd dan Hermanto M.Hum. Kegiatan membatik ini merupakan salah satu materi suplemen budaya Indonesia yang nantinya dituangkan kedalam modul pada mata kuliah pengembangan perangkat pembelajaran BIPA.
Mahasiswa melakukan kegiatan membatik dipandu oleh ibu supriyanti dengan durasi membatik 4-5 jam. Peserta membatik pada kain ukuran 40*40 cm. Mahasiswa pemula diajarkan teknik membatik untuk pemula terlebih dahulu. Mulai dari memegang canting, sampai mengaplikasikan wax ke atas motif batik. Kesulitan yang dialami mahasiswa saat membatik yaitu saat menggambar motif batik dengan menggunakan wax. Seringkali wax tidak sengaja keluar dari lubang canting. Setelah proses mengaplikasikan wax, selanjutnya mahasiswa dipersilakan mewarnai batiknya sesuai dengan kreatifitas masing-masing.
Kegiatan ini berjalan sangat menyenangkan dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para mahasiswa. Intan mengatakan, “Saya sendiri, kesannya bikin excited, rasanya semangat aja pas tau mau praktik batik, lalu disana juga seneng bisa ketemu temen-temen, pas batiknya juga santai tapi harus penuh kesabaran suka aja melajarin hal baru, ngebuka wawasanku juga tentang gimana cara membatik dan proses pewarnaan dengan teknik colet yg baru pertama kali aku lakuin. Sedangkan Andre mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya dalam hal membatik. Menurutnya pengalaman ini sangat bermanfaat dan tentunya sangat berharga dimana ia diajarkan teknik membatik dengan benar, dan suasana membatik saat itu juga sangat menyenangkan, sehingga ia dan teman-teman lain sangat antusias mengikuti kelas membatik ini.
Reporter: Nais Nurkhasanah
Editor : Lulu Keenes Izzati
Selamat Idulfitri 1443 H
/in Berita /by pbsiSegenap Keluarga Besar Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan mengucapakan “SELAMAT IDULFITRI 1443H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN”
Kuliah Tamu: Pembelajaran Mikro untuk Pengembangan Keterampilan Mengajar
/in Berita, News /by Arif SetiawanYogyakarta, 15 April 2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Pembelajaran Mikro pada Jumat, 15 April 2022 yang bertempat di Laboratorium Microteaching, Kampu IV UAD, dengan menghadirkan Dra. Retna R. Widowati, pengajar di SMA N 10 Yogyakarta, sebagai pemateri. Kuliah tamu ini mengusung tema “Pembelajaran Mikro untuk Pengembangan Keterampilan Mengajar” dan bertujuan untuk memperkenalkan konsep serta teknik pembelajaran mikro dalam konteks pengajaran yang lebih efektif.
Dalam materinya, Dra. Retna R. Widowati menjelaskan bahwa pembelajaran mikro adalah pengajaran dalam waktu singkat yang difokuskan pada satu kompetensi tertentu. Teknik ini memberi kesempatan bagi pengajar untuk berlatih mengajar secara intensif dan terarah dengan target yang jelas. Fokus utama dari pembelajaran mikro adalah untuk mengembangkan keterampilan mengajar dengan cara yang praktis dan efisien.
Metode yang diterapkan dalam pembelajaran mikro meliputi simulasi mengajar, di mana mahasiswa mempraktikkan pengajaran mereka dalam waktu singkat, refleksi untuk mengevaluasi proses mengajar, serta umpan balik dari rekan sejawat yang membantu memperbaiki teknik pengajaran. Semua proses ini bertujuan untuk memperbaiki dan menyempurnakan kemampuan mengajar mahasiswa secara langsung.
Sebagai bagian dari pelatihan praktis, mahasiswa diminta untuk membuat rencana pembelajaran mikro dan mengujicobakan rencana tersebut dengan mengajar sekelompok kecil siswa. Melalui latihan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam menyampaikan materi, serta meningkatkan keterampilan komunikasi dan pengelolaan kelas.
Kuliah tamu ini memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan mengajar secara lebih profesional dan terstruktur, dengan pendekatan yang lebih terfokus dan efektif. Diharapkan, dengan penerapan konsep pembelajaran mikro, mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan dunia pendidikan dan menjadi pengajar yang kompeten. 🎓📚
Pelatihan Pengisian Form Analisis CPL Berbasis OBE Genap 2021/2022 Sukses Digelar oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 11 April 2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sukses menyelenggarakan Pelatihan Pengisian Form Analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Berbasis Outcome-Based Education (OBE) untuk Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 11 April 2022, bertempat di Laboratorium Multimedia Lantai 6, Gedung Laboratorium Terpadu, Kampus 4 UAD.
Pelatihan ini dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengisi form analisis CPL sesuai dengan prinsip OBE. OBE sendiri merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan pada hasil pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa, sehingga pengisian form analisis CPL menjadi langkah penting dalam memastikan keselarasan antara kurikulum, proses pembelajaran, dan capaian yang diharapkan.
Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Roni Sulistyono, M.Pd., yang menyampaikan pentingnya pelatihan ini dalam mendukung implementasi kurikulum berbasis OBE. “Pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa lulusan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja,” ujarnya.
Materi pelatihan disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Yosi Wulandari, M.Pd., yang menjelaskan secara detail langkah-langkah pengisian form analisis CPL, mulai dari identifikasi capaian pembelajaran, penyusunan indikator, hingga evaluasi hasil pembelajaran. Peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan melakukan praktik langsung dalam mengisi form analisis CPL, sehingga diharapkan dapat lebih memahami dan mengaplikasikan materi yang telah disampaikan.
Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkuat kolaborasi antar dosen dalam menyusun dan mengevaluasi capaian pembelajaran. “Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap dapat tercipta keseragaman pemahaman dan penerapan OBE di lingkungan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,” tambah Yosi Wulandari., M.Pd.
Kegiatan pelatihan berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta evaluasi. Peserta memberikan respons positif terhadap pelatihan ini, mengingat pentingnya penguasaan teknik pengisian form analisis CPL dalam mendukung keberhasilan implementasi kurikulum berbasis OBE.
Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan lulusan yang kompeten serta siap menghadapi tantangan di era globalisasi.
Kuliah Tamu: Menulis Opini yang Baik Bersama Ansori Salim
/in Berita, News /by Arif SetiawanYogyakarta, 8 April 2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Kuliah Tamu Mata Kuliah Penulisan Opini dan Resensi pada Jumat, 8 April 2022, pukul 09.00 – 11.00 WIB secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini menghadirkan Ansori Salim, seorang jurnalis dari Radar Jambi, sebagai pemateri dengan tema “Menulis Opini yang Baik”.
Dalam sesi kuliah tamu ini, Ansori Salim membahas struktur dasar dalam penulisan opini, yang terdiri dari pendahuluan, argumentasi, dan kesimpulan yang jelas. Pendahuluan harus mampu menarik perhatian pembaca, argumentasi harus kuat dengan dukungan data yang valid, serta kesimpulan harus memberikan pernyataan yang tegas dan solutif.
Selain itu, beliau juga memberikan tips dalam menulis opini yang efektif, yaitu menggunakan data dan contoh nyata untuk memperkuat argumen. Hal ini bertujuan agar opini yang disampaikan lebih kredibel, tidak sekadar bersifat subjektif, tetapi juga berbasis fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.
Untuk mengasah kemampuan peserta, sesi ini dilengkapi dengan latihan menulis opini secara langsung. Para mahasiswa diberi waktu terbatas untuk menulis opini mengenai isu terkini, yang kemudian mendapatkan masukan langsung dari pemateri. Latihan ini bertujuan untuk membiasakan mahasiswa dalam berpikir kritis, sistematis, dan cepat dalam menuangkan gagasan secara tertulis.
Kuliah tamu ini memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa dalam memahami teknik dan strategi penulisan opini yang baik, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun tulisan yang tajam, berbobot, dan argumentatif. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam menulis opini yang mampu memberikan pengaruh positif di masyarakat.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD Gelar Penyusunan Bahan Ajar Semester Genap 2021/2022
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 29 Maret 2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sukses menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Bahan Ajar Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Acara ini digelar secara hybrid, yakni melalui ruang virtual dan bertatap muka langsung di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, Selasa (29/3/2022).
Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen, tenaga kependidikan, serta perwakilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyusun dan menyempurnakan bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran selama semester genap tahun akademik 2021/2022. Penyusunan bahan ajar ini dinilai penting untuk memastikan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan mahasiswa.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Roni Sulistyono, M.Pd., menekankan pentingnya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam menciptakan bahan ajar yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman. “Penyusunan bahan ajar bukan hanya tanggung jawab dosen, tetapi juga memerlukan masukan dari mahasiswa sebagai pengguna langsung. Dengan demikian, bahan ajar yang dihasilkan dapat lebih efektif dan aplikatif,” ujarnya.
Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa sesi, termasuk pemaparan materi oleh narasumber ahli, diskusi kelompok, dan presentasi hasil kerja tim. Para peserta terlibat aktif dalam menyusun materi, merancang metode pembelajaran, dan mengevaluasi bahan ajar yang telah digunakan sebelumnya. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan best practices dalam pengembangan bahan ajar.
Salah satu dosen peserta, Dra. Sudarmini, M.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. “Dengan adanya penyusunan bahan ajar yang terstruktur, kita bisa memastikan bahwa materi yang disampaikan kepada mahasiswa lebih terarah dan sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan,” tuturnya.
Kegiatan Penyusunan Bahan Ajar Semester Genap 2021/2022 ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD. Dengan bahan ajar yang terupdate dan relevan, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan profesional.
Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan rencana tindak lanjut untuk memastikan bahan ajar yang telah disusun dapat segera diimplementasikan dalam proses pembelajaran semester genap mendatang.





