Mahasiswa PPG PBSI UAD Angkatan 1 Tempuh Tahap Akhir Aktivitas PPG Daljab
/in Berita /by pbsiSelasa (13/7) menjadi hari terakhir aktivitas PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Program Profesi Guru UAD Angkatan 1 bidang studi Bahasa Indonesia. Aktivitas PPL menjadi aktivitas terakhir sebelum mahasiswa PPG menempuh UKMPPG. Aktivitas PPL dilaksanakan secara daring dan luring sesuai dengan status zonasi daerah Covid dari peserta PPG bidang studi Bahasa Indonesia.
Selama melaksanakan PPL, mahasiswa melaksanakan 3 siklus pembelajaran. Setiap siklus pembelajaran dilakukan selama 10 hari. Setiap kelompok mahasiswa beranggotakan 8 mahasiswa didampingi oleh 1 dosen dan guru pamong yang berpengalaman. Dosen dan guru pamong memberikan pendampingan, pengarahan, dan koreksi terkait aktivitas praktik pembelajaran yang dilakukan mahasiswa di sekolah. Mahasiswa menyusun RPP, melakukan praktik pembelajaran secara virtual, dan mengerjakan tugas-tugas di e-learning.
Setelah menyelesaikan aktivitas PPL, mahasiswa akan menempuh ujian tahap akhir yang disebut UKMPPG yang meliputi uji kinerja, uji praktik pembelajaran, dan uji pengetahuan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UAD mengucapkan selamat menempuh UKMPPG dan semoga sukses!
HISKI UAD Silaturahmi dengan Kaprodi Bahasa dan Sastra di UAD
/in Berita /by pbsiHISKI Komisariat UAD kembali gelar Silaturahmi dengan Kaprodi dan Sekprodi program studi bahasa dan sastra di lingkungan UAD (14/7). Program studi yang mengikuti acara tersebut antara lain PBSI, PBI, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, dan Bahasa dan Sastra Arab. Pertemuan antara Kaprodi dan Sekprodi dengan pengurus HISKI UAD 2020-2024 dilakukan melalui ruang virtual Zoom.
Selain agenda silaturahmi, Ketua HISKI Komisariat UAD 2020-2024, Dr. Dedi Pramono juga menyampaikan laporan dan rencana kegiatan HISKI UAD pada 2021. Dosen Sastra Indonesia UAD tersebut juga menyampaikan pesan dari Prof. Suwardi Endraswara selaku Ketua HISKI agar HISKI Komisariat UAD mengangkat wacana mengenai sastra Islam dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
Pertemuan tersebut juga menampung usulan dari anggota HISKI UAD mengenai agenda kegiatan yang akan dilakukan. Usulan tersebut antara lain agar membuat pelatihan menulis, pembuatan buku, dan kegiatan rutin yang dapat diselaraskan dengan kegiatan di masing-masing prodi yang tergabung dalam HISKI UAD. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat memantik maraknya aktivitas sastra di kampus UAD.
Lomba Pidato Virtual bagi Siswa SMA/SMK/MA Se-Indonesia
/in Pengumuman /by pbsiLOMBA PIDATO VIRTUAL BAGI SISWA SMA/SMK/MA Se-Indonesia
A. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini merupakan Lomba Pidato Virtual yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Tema Lomba Pidato Virtual adalah “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing”.
B. KETENTUAN LOMBA
- Peserta merupakan siswa SMK, SMA, MA Se-Indonesia.
- Lomba diikuti oleh individu, setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim maksimal 1 (satu) karya.
- Bahasa yang digunakan dalam pidato adalah Bahasa Indonesia.
- Mengisi formulir secara daring di link https://s.uad.id/lombapidatovirtual-tingkatsmasederajat-nas
- Peserta wajib mengikuti akun Instagram @pbsifkipuad @pmb.uad dan subscribe kanal Youtube PBSI FKIP UAD – Official
- Seleksi lomba:
- Peserta membuat naskah pidato sesuai tema yang sudah ditentukan.
- Naskah merupakan karya orisinal.
- Penyampaian pidato dilakukan dengan membuat video.
- Video diunggah ke kanal Youtube masing-masing peserta dengan format judul
“Pidato Virtual PBSI UAD 2021 – Nama – Asal Sekolah – Judul Pidato” - Naskah pidato dan scan kartu pelajar dijadikan satu dalam folder rar/zip
dan diunggah bersama link video pidato virtual di laman pendaftaran. - Pada bagian deskripsi video, peserta wajib menulis keterangan mengikuti lomba pidato virtual PBSI, FKIP, UAD
dan mencantumkan tagar #pbsiuad #pbsifkipuad #fkipuad #lombapidatopbsiuad #universitasahmaddahlan - Format video pidato:
1) Format video adalah mp4.
2) Durasi video selama 3 – 5 menit.
3) Rasio 16:9 dengan resolusi minimal 480p.
4) Mencantumkan logo Perguruan Tinggi Universitas Ahmad Dahlan dan logo sekolah masing-masing.
5) Boleh menggunakan backsound selama tidak mengurangi kualitas kejelasan suara.
6) Boleh menggunakan alat perekam video apapun yang dapat memenuhi persyaratan.
C. WAKTU PELAKSANAAN
1. Pengumpulan Karya: 20 Juni – 20 Juli 2021
2. Tahap Penjurian: 21 – 26 Juli 2021
3. Pengumuman Juara: 27 Juli 2021
D. KRITERIA PENILAIAN
No. | Kriteria | Bobot |
1. | Kesesuaian tema, judul, dan isi pidato | 15% |
2. | Sistematika penyampaian pidato (pembukaan, isi, dan penutup) | 20% |
3. | Penggunaan bahasa yang baik, serta ketepatan dalam pemilihan kata (tata bahasa) | 20% |
4. | Vokal, artikulasi, dan intonasi | 20% |
5. | Gaya / gesture dan mimik wajah | 15% |
6. | Ketepatan waktu | 10% |
E. PENGUMUMAN DAN PENGHARGAAN
1. Pengumuman juara pada 27 Juli 2021 dapat dilihat di
Website : https://pbsi.uad.ac.id
Instagram : @pbsifkipuad
2. Penghargaan
Juara 1 : E-Sertifikat Kejuaraan + Hadiah Uang Rp1.000.000,00
Juara 2 : E-Sertifikat Kejuaraan + Hadiah Uang Rp750.000,00
Juara 3 : E-Sertifikat Kejuaraan + Hadiah Uang Rp500.000,00
Semua peserta mendapat e-sertifikat sebagai peserta
3. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
F. NARAHUBUNG
Denik Wirawati, M.Pd ( 087839313738)
Mahasiswa PBSI UAD Ikuti Pelatihan BIPA
/in Berita /by pbsi
Kusumaning Sekar Fadya Azzahra dan Fikar Zulhaq, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) lolos seleksi Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) yang diselenggarakan pada 22 hingga 26 Maret 2021 secara daring dan luring.
Materi yang diberikan ada beragam, mulai dari tingkatan yang dasar hingga sulit. Materi yang diajarkan disampaikan oleh para narasumber pakar lingkup BIPA di Indonesia. Fadya menyebutkan ada empat keterampilan dasar, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
“Pembahasan pedagogis selain empat kompetensi tersebut, juga ada pengembangan bahan ajar, pemanfaatan media pembelajaran, perencanaan evaluasi pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan praktik simulasi video. Untuk pembahasan di luar pedagogis yaitu wawasan pemahaman lintas budaya,” ungkap Fikar saat diwawancarai pada (25/03/21) melalui WhatsApp.
Program pelatihan BIPA sangat penting bagi mahasiswa yang berkecimpung ke dalam BIPA karena mereka dibentuk kompetensi pedagogis dan pemahaman lintas budayanya agar siap magang pada lembaga-lembaga penyelenggara BIPA di luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.
“Pemahaman lintas budaya sangat penting juga, karena kita kontak dengan orang asing yang mana budaya kita dengan mereka pasti berbeda. Untuk mengantisipasi adanya culture shocked, diperlukan adanya pemahaman lintas budaya tersebut,” tutupnya
Mahasiswa PBSI UAD Ikuti Kampus Mengajar 1
/in Berita /by pbsiKampus Mengajar merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang membuka peluang mahasiswa menjadi pendidik di SD. Tercatat ada 18 mahasiswa PBSI yang lolos dalam program ini yang diumumkan pada tanggal 17 Maret 2021. Diantaranya, Erlangga, Metah Aprilia Ardian, Nadia Alifulia, Nadila Taradiva, Wa Ode Intan, Tika Afrilla, Richa Aprilianti, Cintiya Niranasari, Anisya Ardia Pramesti, Endah Arrum Alpani, Regina Sahan Putri, Dapika Maharani, Kiki Aria Dewi Sagita, Dina Sari Hardiyanti Lutfi Fadilla, Ellinia Ika Gustiani, Sani Ulva Rahayu, Ayu Tipa Uswatun, dan Rizka A. Hi. Djuredje.
Rizka A. Hi. Djuredje salah satu mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang lolos seleksi program Kampus Mengajar, ia ditempatkan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Al-Wahda di provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Toli-Toli, Kecamatan Baolan. Rizka mengungkapkan bahwa merasa tertantang dengan adanya program Kampus Mengajar, karena program ini bertepatan dengan situasi pandemi, maka saat mengajar perlu penyesuaian dengan situasi saat ini. Menurutnya, hal yang paling penting untuk dipersiapkan dalam mengajar nanti ialah kesehatan dan mental agar tidak cemas yang berlebihan saat mengajar. Selain itu, tentu harus mempersiapkan materi, bahan ajar, metode, media, strategi, dan merancang pembelajaran sebelum mengajar.
Teater JAB Siarkan Kreasi Tari Tradisional
/in Berita /by pbsiTeater Jaringan Anak Bahasa (JAB) sukses menyuguhkan tari kreasi tradisional Jawa dengan tema wanita desa di Jawa. Wedharingtyas sebagai salah satu kreografer tari tersebut menjelaskan pemilihan tari kreasi ini didasari oleh kegelisahan sebagai perempuan Jawa yang melihat fenomena kekerasan terhadap wanita.
Fenomena perempuan Jawa yang dinilai hanya menempati fungsi pupur, dapur, dan kasur saja, sehingga tidak bisa keluar dari zona nyamannya sebagai perempuan polos desa. Perempuan desa Jawa yang umumnya biasa dipandang sebagai sosok yang polos, lugu, dan kalem. Kerap kali menimbulkan peristiwa mereka sering direndahkan dan terjadi fakta-fakta kekerasan terhadap wanita.
“Tari ini menceritakan tentang perempuan desa yang masuk ke dalam zaman milenial, tetapi tetap mampu menyesuaikan diri dengan zaman. Mereka menapik cap terhadap perempuan sebagai sosok yang hanya menempati fungsi pupur, dapur, dan kasur (terminologi Jawa) yang akhirnya membuat miskonsepsi, akan tetapi mereka dapat berkontribusi di luar dengan kreativitas, kecerdasan, tanggung jawab, dan kemandirian,” jelas perempuan yang biasa disapa Wedhar.
Reporter : Annisa Maulida Ramadhani
Editor : Hanita Ayu