Lokakarya Evaluasi OBE Melalui Portal Akademik Mata Kuliah Semester Genap 2023/2024
/in Berita /by Muh. Rayhan MaulanaProdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah melaksanakan Lokakarya Evaluasi OBE (Outcome-Based Education). Kegiatan ini berlangsung pada Hari Jumat, 12 Juli 2024 dengan menghadirkan narasumber ahli, yaitu Dr. Yosi Wulandari, M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Lokakarya, Laboratorium PBSI, Lantai 7, Gedung Laboratorium UAD. Acara dimulai dengan sambutan dari Kaprodi PBSI UAD Bapak Roni Sulistiyono, M.Pd. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam mengisi evaluasi OBE di portal akademik. Ibu Yosi Wulandari menegaskan pentingnya penyesuaian pengisian evaluasi OBE dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Ia juga menyampaikan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di PBSI. Selain memberikan materi mengenai pengisian evaluasi OBE, berlangsung pula pada forum ini pergantian koordinator dari tim APR di setiap bidang. Bidang-bidang tersebut meliputi pengajaran, keterampilan, linguistik, BIPA, perfilman, dan penyiaran. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan efektivitas kerja tim dalam setiap bidang tersebut.
Setelah Ibu Yosi Wulandari memberikan materinya atau penjelasannya, kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi bersama tim sesuai bidangnya masing-masing. Adapun tahapan pengisian evaluasi yaitu (1). Menyelesaikan koreksian ujian dan tugas, (2). Menginput nilai koreksi ke portal melalui evaluasi OBE, (3). Melakukan rekap penilaian, dan (4). Wajib melakukan sinkronisasi nilai serta mengisi refleksi dan tindak lanjut. Dengan berlangsungnya kegiatan ini menunjukkan komitmen PBSI terhadap kualitas pendidikan. Harapannya, para dosen dapat lebih memahami dan mengimplementasikan evaluasi OBE sesuai dengan RPS. Sehingga hal tersebut dapat mendukung tercapainya tujuan pndidikan yang berorientasi pada hasil belajar mahasiswa.
LOKAKARYA ANALISIS CPL MATA KULIAH SEMESTER GENAP TA 2023/2024: TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UAD
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 12 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan Lokakarya Analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juli 2024, bertempat di Laboratorium PBSI Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta.
Lokakarya ini dihadiri oleh seluruh dosen pengampu mata kuliah di Prodi PBSI serta beberapa perwakilan mahasiswa. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi keselarasan antara Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan materi dan metode pembelajaran yang diterapkan pada setiap mata kuliah di semester genap TA 2023/2024. Dengan demikian, diharapkan kualitas pembelajaran dan lulusan Prodi PBSI semakin meningkat dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan dan industri.
Dalam sambutannya, Ketua Prodi PBSI, Dr. Roni Sulistyono, M.Pd., menekankan pentingnya lokakarya ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PBSI. “Analisis CPL ini menjadi langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah yang kita ajarkan benar-benar mendukung pencapaian kompetensi lulusan yang diharapkan. Selain itu, ini juga menjadi ajang refleksi bagi kita semua untuk terus memperbaiki dan mengembangkan kurikulum serta metode pembelajaran,” ujarnya.
Kegiatan lokakarya dibagi menjadi beberapa sesi, dimulai dengan pemaparan umum tentang kerangka analisis CPL oleh narasumber, Dr. Yosi Wulandari, M.Pd., dosen Prodi PBSI UAD. Selanjutnya, para dosen dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan rumpun mata kuliah untuk mendiskusikan dan menganalisis keselarasan CPL dengan silabus, metode pembelajaran, dan evaluasi yang telah dilaksanakan.
Salah satu peserta lokakarya, Dr. Siti Salamah, M.Hum., menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat kolaborasi antar dosen dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif. “Dengan adanya lokakarya ini, kita bisa saling berbagi pengalaman dan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Ini juga menjadi momentum untuk mengevaluasi apakah CPL yang kita tetapkan sudah tercapai dengan baik,” ungkapnya.
Kegiatan ini ditutup dengan penyusunan rekomendasi dan rencana tindak lanjut untuk perbaikan kurikulum dan metode pembelajaran di semester berikutnya. Diharapkan, lokakarya ini tidak hanya menjadi ajang evaluasi, tetapi juga menjadi langkah awal untuk inovasi dan pengembangan pendidikan di Prodi PBSI UAD.
Dengan terlaksananya lokakarya ini, Prodi PBSI UAD kembali menegaskan komitmennya untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga lulusannya mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Kegiatan Tim Kecil Penyusunan Kurikulum PBSI FKIP UAD Sukses Digelar
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 12 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan kegiatan Laporan Kegiatan Tim Kecil Penyusunan Kurikulum PBSI. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juli 2024, bertempat di Laboratorium PBSI lantai 7, Kampus 4 UAD.
Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah dosen, tim penyusun kurikulum, serta perwakilan mahasiswa PBSI. Tujuannya adalah untuk memaparkan progres terbaru dalam penyusunan kurikulum PBSI yang disesuaikan dengan perkembangan pendidikan, kebutuhan masyarakat, dan tuntutan era digital.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PBSI, Roni Sulistyono, M.Pd., menyampaikan bahwa penyusunan kurikulum ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas lulusan PBSI. “Kurikulum yang disusun harus relevan dengan kebutuhan zaman, terutama dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan dan teknologi,” ujarnya.
Dalam kegiatan penyusunan kurikulum, dipaparkan sejumlah poin penting dalam laporannya. Beberapa di antaranya adalah integrasi literasi digital, penguatan kompetensi pedagogik, serta penyesuaian mata kuliah dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Selain itu, kegiatan ini juga membuka ruang diskusi bagi peserta untuk memberikan masukan dan kritik konstruktif. Salah satu perwakilan mahasiswa, Anisa Rahma, menyampaikan harapannya agar kurikulum baru dapat lebih memfasilitasi pengembangan kreativitas dan keterampilan praktis mahasiswa.
Acara ditutup dengan kesimpulan dan rencana tindak lanjut oleh tim penyusun kurikulum. Diharapkan, kurikulum baru PBSI dapat segera diimplementasikan pada tahun akademik mendatang, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Program Studi PBSI FKIP UAD kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menjawab tantangan di era globalisasi.
Lokakarya Evaluasi OBE Mata Kuliah Semester Genap 2023/2024 Sukses Digelar oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 12 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan Lokakarya Evaluasi Outcome-Based Education (OBE) untuk mata kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juli 2024, bertempat di Laboratorium PBSI lantai 7, Kampus 4 UAD, Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta.
Lokakarya ini dihadiri oleh seluruh dosen pengampu mata kuliah di lingkungan Prodi PBSI FKIP UAD. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis OBE, yang menjadi acuan dalam kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. OBE sendiri menekankan pada capaian pembelajaran (learning outcomes) yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah.
Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi PBSI, Roni Sulistyono, M.Pd., yang menyampaikan pentingnya evaluasi berkala terhadap implementasi OBE. “Evaluasi ini bukan sekadar formalitas, melainkan langkah strategis untuk memastikan bahwa proses pembelajaran yang kita lakukan benar-benar mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber ahli dalam bidang kurikulum dan evaluasi pendidikan, Dr. Yosi Wulandari, M.Pd., yang membahas tentang tantangan dan strategi dalam menerapkan OBE secara efektif. Setelah itu, para dosen dibagi ke dalam beberapa kelompok diskusi untuk mengevaluasi capaian pembelajaran setiap mata kuliah, menganalisis kendala yang dihadapi, serta merumuskan solusi untuk perbaikan ke depan.
Salah satu dosen peserta lokakarya, Sudaryanto, M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. “Dengan adanya lokakarya ini, kami bisa saling berbagi pengalaman dan menemukan cara terbaik untuk meningkatkan capaian pembelajaran mahasiswa,” tuturnya.
Lokakarya ditutup dengan penyusunan rekomendasi dan rencana tindak lanjut yang akan diimplementasikan pada semester berikutnya. Harapannya, melalui kegiatan ini, Prodi PBSI FKIP UAD dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang kompeten serta siap bersaing di era global.
Dengan terselenggaranya lokakarya ini, Prodi PBSI FKIP UAD kembali menunjukkan komitmennya dalam menjalankan proses pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada hasil, sejalan dengan visi misi Universitas Ahmad Dahlan untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing global.
Sosialisasi Visi Keilmuan, Tujuan, dan Mimbar Akademik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD Sukses Digelar
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 11 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Visi Keilmuan, Tujuan, dan Mimbar Akademik pada hari Kamis, 11 Juli 2024. Acara yang digelar di Ruang Kelas 4.1.4.54 ini dihadiri oleh sejumlah dosen, mahasiswa, serta stakeholders terkait.
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memperdalam pemahaman mengenai visi keilmuan, tujuan program studi, serta pentingnya mimbar akademik dalam pengembangan keilmuan dan profesionalisme di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi PBSI, Roni Sulistyono, M.Pd., yang menekankan pentingnya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam mencapai tujuan akademik.
“Visi keilmuan kita adalah menciptakan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang bahasa dan sastra, tetapi juga memiliki integritas dan kepedulian terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia,” ujar Bapak Roni dalam sambutannya.
Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari kalangan akademisi dan praktisi, di antaranya Wachid Eko Purwanto., M.A, yang merupakan sekretaris Prodi PBSI FKIP UAD, yang membahas tentang peran mimbar akademik dalam mengembangkan wawasan keilmuan. “Mimbar akademik adalah ruang untuk berdiskusi, berdebat, dan mengkritisi berbagai isu keilmuan. Ini adalah bagian penting dari proses pendidikan tinggi,” jelas Bapak Wachid.
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana peserta dapat menyampaikan pertanyaan dan masukan terkait pengembangan program studi. Beberapa mahasiswa menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang arah dan tujuan pendidikan di Program Studi PBSI.
“Saya merasa lebih termotivasi setelah mengikuti acara ini. Sekarang saya lebih paham tentang visi dan tujuan program studi, serta bagaimana mimbar akademik bisa menjadi sarana untuk mengembangkan diri,” ujar Rani, salah satu mahasiswa PBSI angkatan 2022.
Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat sinergi antara dosen, mahasiswa, dan stakeholders dalam mencapai visi dan misi Program Studi PBSI FKIP UAD. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh civitas akademika dapat lebih fokus dan bersinergi dalam mewujudkan tujuan bersama, yaitu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
Acara ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah antara peserta dan narasumber, menandai suksesnya kegiatan sosialisasi ini. Program Studi PBSI FKIP UAD berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa guna mendukung pengembangan akademik dan profesionalisme mahasiswa serta dosen.
Pembekalan Teknis PLP II Tahun Ajaran 2023/2024 PBSI FKIP UAD
/in Berita, News /by Efa AnggrainiYogyakarta, 11 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan “Pembekalan Teknis PLP II Tahun Ajaran 2023/2024” pada Kamis, 11 Juli 2024 pukul 14.00 hingga 15.00 WIB. Pembekalan diadakan di ruang kelas Kampus IV UAD.
Pada sesi ini, Yosi Wulandari, M.Pd. dan Wachid Eko Purwanto, M.A. kembali hadir sebagai pemateri. Fokus pembekalan PLP II adalah pada penerapan praktik mengajar secara langsung di kelas, penyusunan perangkat pembelajaran, serta strategi menghadapi tantangan di lingkungan sekolah. Yosi Wulandari menekankan bahwa PLP II merupakan tahap penting bagi mahasiswa dalam mengasah keterampilan pedagogik sebelum terjun ke dunia pendidikan secara profesional.
Materi pembekalan PLP II mencakup asistensi guru yang melibatkan latihan mengajar terbimbing oleh guru pamong dan dosen pembimbing lapangan (DPL). Mahasiswa diwajibkan melaksanakan minimal 4-5 kali mengajar dalam berbagai mata pelajaran yang telah ditentukan. Selain itu, mahasiswa juga menyusun perangkat pembelajaran, melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif. Proses ini tidak hanya mengasah kemampuan mengajar mahasiswa tetapi juga membangun rasa percaya diri mereka dalam mengelola kelas secara mandiri.
Selama pembekalan, mahasiswa juga diberi simulasi dalam merancang rencana pembelajaran yang efektif. Mereka mendapatkan arahan langsung tentang cara menyusun bahan ajar, metode evaluasi siswa, serta teknik manajemen kelas. Dengan adanya sesi ini, mahasiswa diharapkan dapat mengantisipasi berbagai kendala yang mungkin terjadi saat praktik mengajar di sekolah mitra.
Pembekalan ini juga mendapatkan antusiasme tinggi dari mahasiswa yang aktif berdiskusi dan bertanya kepada para pemateri. Banyak dari mereka yang berbagi pengalaman dan mendapatkan solusi atas berbagai tantangan yang mungkin muncul saat mengajar di kelas. Dengan adanya pembekalan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh secara maksimal dalam praktik mengajar di sekolah mitra serta membangun keterampilan mengajar yang lebih profesional.