Dahlan Muda Mengabdi : Ajak Siswa SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Semangat untuk Melanjutkan Kuliah

Yogyakarta, 14 Maret 2025 – Kegiatan Dahlan Muda Mengabdi (DMM) kembali digelar dengan penuh semangat. Kegiatan kali ini dilaksaankan di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Pemateri pada sesi ini adalah Muhammad Raihan Arkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Sebanyak 59 siswa berasal dari tiga jurusan di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusiasme yang sangat tinggi. Kegiatan tersebut berlangsung dengan kondusif yang bertujuan untuk mengajak dan memotivasi para siswa agar memiliki semangat untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan,demmasa depan yang lebih cerah.

Dalam penyampaian materinya, Muhammad Raihan Arkan menegaskan pentingnya meningkatkan taraf hidup melalui pendidikan. Ia mengajak para siswa untuk terus mengasah soft skill, serta tidak henti-hentinya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

“Semakin tinggi pengetahuan yang kita miliki, maka semakin besar pula kapasitas diri yang bisa kita bangun. Dengan kapasitas yang tinggi, peluang kesuksesan di masa depan akan terbuka lebih lebar,” ujar Raihan dalam penyampaian materinya.

Kegiatan DMM ini menjadi sasrana bagi mahasiswa UAD untuk turu berkontribusi langsung dalam masyarakat terutama dalam membanguun motivasi generasi muda untuk tidak berhenti belajar dan terus berkembang.

Dengan penuh perhatian, para siswa menyimak setiap poin yang disampaikan, mulai dari pentingnya melanjutkan pendidikan, mengasah ketarmpilan, hingga cara mempersiapkan diri meghadapi dunia perkuliahan dan dunia kerja.

Harapannya, dengan terselenggaranya kegiatan Dahlan Muda Mengabdi seperti ini dapat terus berlangsung rutn, menjadi jembatan antara mahasiswa UAD dengan masyarakat serta menumbuhkan semangat belajar di kalangan pelajar.

Lokakarya Kiat Sukses Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian DPRTM 2025

Assalamu’alaikum w. w.

Dengan hormat, kami mengundang Bapak/Ibu Dosen Prodi PBSI FKIP UAD untuk hadir dalam acara “Lokakarya Kiat Sukses Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian DPRTM 2025” yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada:

📅 Hari, tanggal: Selasa, 18 Maret 2025
⏰ Waktu: Pukul 09.30 s.d. selesai WIB
📍 Tempat: Ruang Meeting Perpustakaan Kampus IV UAD

Agenda:
1. 📌 Materi 1: Kiat sukses penyusunan proposal pengabdian DPRTM 2025
2. 📝 Materi 2: Kiat sukses penyusunan proposal penelitian DPRTM 2025
3. 📂 Diskusi rumpun

Mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk mengisi link konfirmasi kehadiran berikut:
🔗 https://s.uad.id/Lokakarya180325 (https://s.uad.id/Lokakarya180325)

Atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum w. w.

NB: Mohon menyiapkan draf proposal penelitian/pengabdian yang akan diusulkan. Dapat dikumpulkan kepada Tim Riset dan Pengabdian PBSI

Hormat kami,
Kaprodi PBSI
Roni Sulistiyono, M.Pd.

Lokakarya Penyusunan Bahan Ajar Digital dan E-Learning MK Semester Genap 2024/2025 di Universitas Ahmad Dahlan

Yogyakarta, Kamis, 6 Maret 2025 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menggelar Lokakarya Penyusunan Bahan Ajar Digital dan E-Learning untuk Mata Kuliah Semester Genap 2024/2025. Acara yang diselenggarakan di Lab PBSI, Gedung Lab, Kampus IV UAD ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB, dan diikuti oleh dosen PBSI UAD.

Agenda utama dari lokakarya ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang cara menyusun bahan ajar digital dan mengintegrasikan materi ke dalam platform e-learning. Selain itu, peserta juga dilatih untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran daring, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas interaksi antara dosen dan mahasiswa di masa depan.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Roni Sulistiyono, M.Pd., yang memberikan arahan kepada seluruh peserta. Dalam sambutannya, Roni menyampaikan pentingnya pemanfaatan platform e-learning, terutama menjelang pelaksanaan pembelajaran di bulan Ramadan.

“Karena nuansa Ramadan yang dilaksanakan secara daring, diharapkan bapak ibu dapat memanfaatkan platform e-learning dengan maksimal,”ujarnya dengan penuh semangat. Ia juga mengimbau agar dosen yang tergabung dalam tim pengajaran saling bekerja sama dan membantu, khususnya dosen muda yang dapat mendukung dosen senior. “Semoga pembelajaran daring ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi semua,” harapnya.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Yosi Wulandari, M.Pd., yang mengangkat topik mengenai penyusunan konten bahan ajar dan pemanfaatan platform e-learning dalam pembelajaran daring. Dr. Yosi menekankan pentingnya integrasi bahan ajar yang baik dalam platform yang tepat untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih efektif.

Dalam sesi ini, Dr. Yosi juga mengajak para dosen untuk mengoptimalkan kecanggihan teknologi, khususnya dalam meningkatkan interaktivitas pembelajaran dengan menggunakan aplikasi-aplikasi canggih. “Di era digital ini, sangat penting untuk memanfaatkan teknologi seperti Prezi, Canva, dan Gamma dalam pembuatan bahan ajar yang interaktif,” tutur Dr. Yosi. Materi ini tidak hanya memberikan wawasan, tetapi juga memberi inspirasi bagi dosen untuk lebih kreatif dalam merancang bahan ajar digital.

Materi kedua disampaikan oleh Muhammad Ibnu, yang memberikan pelatihan praktis mengenai penginputan bahan ajar pada platform e-learning. Muhammad memberikan panduan langkah demi langkah kepada peserta tentang cara memulai kelas di e-learning Universitas Ahmad Dahlan (e-learning.uad.ac.id), serta cara membuat kursus baru, menambahkan materi, membuat kuis, dan menyusun form pengumpulan tugas.

“Untuk memulai kelas di e-learning UAD, langkah pertama adalah login ke sistem menggunakan akun dosen. Selanjutnya, Anda bisa membuat kursus baru, menambahkan materi, dan menyesuaikan kursus dengan kebutuhan pembelajaran yang ingin dijalankan,” jelas Muhammad. Selain itu, ia juga memberikan penekanan pada penggunaan kuis dan form pengumpulan tugas sebagai alat penilaian yang sangat berguna dalam pembelajaran daring.

Dengan berakhirnya lokakarya ini, diharapkan dosen-dosen PBSI UAD dapat semakin siap dalam menghadapi tantangan pembelajaran daring, terutama dalam penyusunan bahan ajar digital yang menarik dan efektif. Melalui integrasi teknologi dan penggunaan platform e-learning, proses pembelajaran diharapkan menjadi lebih interaktif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Dengan suksesnya kegiatan ini, PBSI UAD terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan teknologi terkini untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif.

Lokakarya Penyusunan Bahan Ajar Digital dan Elearning Mata Kuliah Semester Genap 2024/2025

Assalamu’alaikum w. w.

Dengan hormat, kami mengundang Bapak/Ibu dosen pengampu di Prodi PBSI FKIP UAD untuk hadir dalam acara ”Lokakarya Penyusunan Bahan Ajar Digital dan Elearning Mata Kuliah Semester Genap 2024/2025” yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada:

📅 Hari, tanggal: Kamis, 6 Maret 2025
⏰ Waktu: Pukul 09.00 s.d. 14.00 WIB
📍 Tempat: Lab PBSI, Gedung Lab, Kampus IV UAD

Agenda:
1.⁠ ⁠ ⁠📝 Penyusunan bahan ajar digital MK Semester Genap 2024/2025
2. ⁠ ⁠📂 Penginputan bahan ajar pada elearning

Atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum w. w.

Hormat kami,

Kaprodi PBSI
Roni Sulistiyono, M.Pd.

Melalui Program ‘Dahlan Muda Menginspirasi’, Arif Setyawan Ajak Siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Ponorogo, 24 Februari 2025 – Arif Setyawan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) angkatan 2022, melaksanakan program “Dahlan Muda Menginspirasi”. Dalam program ini, Arif memilih SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo sebagai lokasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendorong siswa agar termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain itu, Arif juga memberikan informasi mengenai berbagai peluang beasiswa yang tersedia di UAD, khususnya di program studi PBSI.

Membangun Semangat Belajar dan Memberikan Informasi Pendidikan

Acara ini diikuti oleh siswa kelas 12 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Suasana akrab dan penuh kehangatan tercipta sejak sesi perkenalan dimulai. Arif dengan antusias berbagi cerita tentang pengalamannya selama berkuliah di PBSI FKIP UAD. Ia menceritakan berbagai kegiatan akademik yang diikutinya, serta berbagi pengalaman aktif dalam organisasi kampus.

Sesi berikutnya diisi dengan pemaparan materi mengenai jalur pendaftaran UAD dan berbagai program beasiswa yang ditawarkan. Arif memberikan penjelasan detail mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran, serta berbagai tips dan trik untuk meningkatkan peluang mendapatkan beasiswa. Tak hanya itu, Arif juga memberikan panduan kepada para siswa mengenai cara memilih jurusan yang tepat sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan karir mereka.

“Program Dahlan Muda Menginspirasi ini adalah langkah yang sangat positif dan memberikan manfaat besar bagi para siswa. Terutama dalam hal motivasi dan wawasan mengenai pentingnya pendidikan tinggi. Informasi mengenai beasiswa juga sangat membantu, karena tidak sedikit siswa yang menghadapi kendala finansial,” ujar Arif.

Harapan untuk Masa Depan

Arif Setyawan berharap bahwa program ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. “Saya ingin memotivasi mereka untuk tidak ragu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terutama di UAD, khususnya di program studi PBSI,” tuturnya.

PBSI UAD berkomitmen untuk terus melanjutkan dan memperluas jangkauan program ini ke lebih banyak sekolah. Melalui “Dahlan Muda Menginspirasi”, diharapkan semakin banyak siswa yang memahami betapa pentingnya pendidikan tinggi dan mengetahui berbagai peluang yang ada di UAD, khususnya di PBSI. PBSI UAD juga bertekad untuk memberikan edukasi, inspirasi, dan pendampingan bagi calon mahasiswa agar mereka dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk masa depan, terutama dalam bidang akademik.

Program ini adalah bukti nyata bahwa mahasiswa dapat berperan aktif dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Pengalaman yang dibagikan oleh mahasiswa PBSI UAD diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus bersemangat belajar dan berjuang meraih cita-cita.

 

Lokakarya Rekonstruksi RPS dan RATUG Mata Kuliah Semester Genap 2024/2025

Yogyakarta, 24 Februari 2025 — Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti lokakarya terkait rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rancangan Tugas (RATUG) mata kuliah untuk semester genap 2024/2025. Acara ini dilaksanakan di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, di ruang Jasmine 1 lantai GF, pada hari Senin, 24 Februari 2025.

Lokakarya ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan arahan mengenai pentingnya pembaruan dan perbaikan dalam penyusunan RPS serta penerapan teknologi dalam pembelajaran. Para peserta lokakarya, yang terdiri dari dosen PBSI FKIP UAD, diajak untuk lebih mendalami konsep-konsep pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman serta mengimplementasikan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE).

Roni Sulistiyono, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sedang dilakukan di lokakarya ini. Menurutnya, RPS bukan sekedar dokumen administratif, melainkan pedoman utama dalam merancang pembelajaran yang berkualitas, terstruktur, dan relevan dengan kebutuhan siswa serta perkembangan zaman.

Roni juga mengingatkan, meskipun jumlah pelajar sedikit berkurang pada tahun ini, pelayanan prima kepada pelajar harus tetap menjadi prioritas utama. Salah satu langkah konkret yang disarankan adalah perwalian melalui portal web UAD, yang tidak hanya mendukung administrasi tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen dosen dalam mendampingi mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Selain itu, Roni menekankan pentingnya integrasi teknologi, termasuk penggunaan portal UAD, untuk mempermudah proses pembelajaran dan mendukung upaya akreditasi. Ia berharap lokakarya ini dapat menghasilkan RPS yang lebih baik dan relevan, serta bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan PBSI FKIP UAD.

Prof. Dr. Nanik Sulistyani, M.Si., Apt, dalam sesi pemaparannya, menjelaskan bagaimana kurikulum PBSI dapat mengintegrasikan keterampilan abad 21, yang meliputi: Berpikir Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, Literasi Informasi, Literasi Media, Literasi Teknologi, Fleksibilitas, Kepemimpinan, Inisiatif, Produktivitas, dan Keterampilan Sosial. Hal ini sangat relevan dengan dunia pendidikan saat ini yang membutuhkan lulusan dengan keterampilan yang lebih luas.

Selain itu, Prof. Nanik juga memberikan panduan teknis mengenai penggunaan portal UAD dalam pengisian rubrik mata kuliah. “Harapannya ketika siswa membaca rubrik, maka siswa akan berusaha untuk memenuhi indikator yang ada untuk mendapatkan nilai yang maksimal,” ujarnya. Untuk itu, disarankan agar dosen membuat rubrik terlebih dahulu di luar portal, seperti menggunakan aplikasi pengolah kata, dan baru kemudian menyalinnya ke portal UAD setelah selesai.

Sementara itu, Dr. Yosi Wulandari, M.Pd., menyampaikan kecuali mengenai pentingnya pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Beliau juga mengingatkan tentang perlunya rekonstruksi RPS untuk menyesuaikan dengan perubahan kurikulum OBE yang sudah diterapkan oleh program studi PBSI. “PBSI sudah lama menggunakan Kurikulum OBE ini, sehingga ujian kita sudah engga memakai UAS dan UTS, tetapi menggunakan evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester,” ujar Dr. Yosi.

Perubahan RPS sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Rekonstruksi hanya perlu dilakukan pada waktu yang telah ditentukan, seperti yang disampaikan oleh Dr. Yosi. Selain itu, penting juga untuk mempersiapkan e-learning sebagai salah satu media pembelajaran yang semakin diperlukan di era digital ini.

Setelah pemaparan materi dari narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan kolaborasi antara para dosen PBSI FKIP UAD sesuai tim rumpun yang sudah dibentuk. Pada sesi ini, para peserta diberikan kesempatan untuk membahas dan mengerjakan perubahan RPS yang sesuai dengan kebijakan dan strategi pembelajaran terbaru. Diskusi ini bertujuan agar setiap dosen dapat saling berbagi ide dan pengalaman guna memperbaiki kualitas pembelajaran di program studi PBSI.

Dengan adanya lokakarya ini, diharapkan kualitas RPS yang disusun oleh para dosen PBSI dapat lebih terstruktur, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa serta perkembangan zaman. Harapan utamanya adalah agar para pelajar dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan dapat lulus tepat waktu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Lokakarya ini menjadi langkah strategis bagi PBSI FKIP UAD dalam meningkatkan mutu pendidikan dan akreditasi program studi. Semoga hasil dari lokakarya ini dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran di semester genap 2024/2025 dan seterusnya.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55191
Telp. (0274) 563515, 511830
Fax. (0274) 564604

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960