Kuliah Tamu PBSI UAD: Menyusun Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 13 Juni 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menyelenggarakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kamis, 13 Juni 2024 yang bertempat di Laboratorium PBSI, Kampus IV UAD , dengan menghadirkan Indah Nurcahyati (SMA N 1 Ngaglik) sebagai pemateri. Kuliah tamu ini bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa dalam menyusun strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Dalam pemaparannya, Indah Nurcahyati menekankan bahwa strategi pembelajaran yang baik harus mengintegrasikan teori bahasa dengan praktik komunikasi di kelas. Hal ini bertujuan agar siswa tidak hanya memahami konsep kebahasaan secara teoretis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, pemateri menjelaskan berbagai metode pembelajaran yang dapat diterapkan, seperti diskusi, studi kasus, dan pemanfaatan teknologi. Metode diskusi memungkinkan siswa untuk bertukar ide secara aktif, sementara studi kasus membantu mereka memahami penerapan teori dalam situasi nyata. Pemanfaatan media teknologi juga menjadi poin penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Sebagai tambahan, Indah Nurcahyati memberikan beberapa tips dalam menyusun strategi pembelajaran, yaitu menyesuaikan metode dengan tingkat kemampuan siswa serta memastikan pembelajaran berlangsung secara interaktif dan menyenangkan. Dengan strategi yang tepat, diharapkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat lebih efektif dan menarik bagi siswa.
Kuliah tamu ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa PBSI UAD dalam merancang strategi pembelajaran yang inovatif, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era digital.
Lokakarya Evaluasi OBE Melalui Portal Akademik Mata Kuliah Semester Genap 2023/2024
/in Berita /by Muh. Rayhan MaulanaProdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah melaksanakan Lokakarya Evaluasi OBE (Outcome-Based Education). Kegiatan ini berlangsung pada Hari Jumat, 12 Juli 2024 dengan menghadirkan narasumber ahli, yaitu Dr. Yosi Wulandari, M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Lokakarya, Laboratorium PBSI, Lantai 7, Gedung Laboratorium UAD. Acara dimulai dengan sambutan dari Kaprodi PBSI UAD Bapak Roni Sulistiyono, M.Pd. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam mengisi evaluasi OBE di portal akademik. Ibu Yosi Wulandari menegaskan pentingnya penyesuaian pengisian evaluasi OBE dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Ia juga menyampaikan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di PBSI. Selain memberikan materi mengenai pengisian evaluasi OBE, berlangsung pula pada forum ini pergantian koordinator dari tim APR di setiap bidang. Bidang-bidang tersebut meliputi pengajaran, keterampilan, linguistik, BIPA, perfilman, dan penyiaran. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan efektivitas kerja tim dalam setiap bidang tersebut.
Setelah Ibu Yosi Wulandari memberikan materinya atau penjelasannya, kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi bersama tim sesuai bidangnya masing-masing. Adapun tahapan pengisian evaluasi yaitu (1). Menyelesaikan koreksian ujian dan tugas, (2). Menginput nilai koreksi ke portal melalui evaluasi OBE, (3). Melakukan rekap penilaian, dan (4). Wajib melakukan sinkronisasi nilai serta mengisi refleksi dan tindak lanjut. Dengan berlangsungnya kegiatan ini menunjukkan komitmen PBSI terhadap kualitas pendidikan. Harapannya, para dosen dapat lebih memahami dan mengimplementasikan evaluasi OBE sesuai dengan RPS. Sehingga hal tersebut dapat mendukung tercapainya tujuan pndidikan yang berorientasi pada hasil belajar mahasiswa.
LOKAKARYA ANALISIS CPL MATA KULIAH SEMESTER GENAP TA 2023/2024: TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UAD
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 12 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan Lokakarya Analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juli 2024, bertempat di Laboratorium PBSI Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta.
Lokakarya ini dihadiri oleh seluruh dosen pengampu mata kuliah di Prodi PBSI serta beberapa perwakilan mahasiswa. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi keselarasan antara Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan materi dan metode pembelajaran yang diterapkan pada setiap mata kuliah di semester genap TA 2023/2024. Dengan demikian, diharapkan kualitas pembelajaran dan lulusan Prodi PBSI semakin meningkat dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan dan industri.
Dalam sambutannya, Ketua Prodi PBSI, Dr. Roni Sulistyono, M.Pd., menekankan pentingnya lokakarya ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PBSI. “Analisis CPL ini menjadi langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah yang kita ajarkan benar-benar mendukung pencapaian kompetensi lulusan yang diharapkan. Selain itu, ini juga menjadi ajang refleksi bagi kita semua untuk terus memperbaiki dan mengembangkan kurikulum serta metode pembelajaran,” ujarnya.
Kegiatan lokakarya dibagi menjadi beberapa sesi, dimulai dengan pemaparan umum tentang kerangka analisis CPL oleh narasumber, Dr. Yosi Wulandari, M.Pd., dosen Prodi PBSI UAD. Selanjutnya, para dosen dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan rumpun mata kuliah untuk mendiskusikan dan menganalisis keselarasan CPL dengan silabus, metode pembelajaran, dan evaluasi yang telah dilaksanakan.
Salah satu peserta lokakarya, Dr. Siti Salamah, M.Hum., menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat kolaborasi antar dosen dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif. “Dengan adanya lokakarya ini, kita bisa saling berbagi pengalaman dan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Ini juga menjadi momentum untuk mengevaluasi apakah CPL yang kita tetapkan sudah tercapai dengan baik,” ungkapnya.
Kegiatan ini ditutup dengan penyusunan rekomendasi dan rencana tindak lanjut untuk perbaikan kurikulum dan metode pembelajaran di semester berikutnya. Diharapkan, lokakarya ini tidak hanya menjadi ajang evaluasi, tetapi juga menjadi langkah awal untuk inovasi dan pengembangan pendidikan di Prodi PBSI UAD.
Dengan terlaksananya lokakarya ini, Prodi PBSI UAD kembali menegaskan komitmennya untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga lulusannya mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Kegiatan Tim Kecil Penyusunan Kurikulum PBSI FKIP UAD Sukses Digelar
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 12 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan kegiatan Laporan Kegiatan Tim Kecil Penyusunan Kurikulum PBSI. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juli 2024, bertempat di Laboratorium PBSI lantai 7, Kampus 4 UAD.
Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah dosen, tim penyusun kurikulum, serta perwakilan mahasiswa PBSI. Tujuannya adalah untuk memaparkan progres terbaru dalam penyusunan kurikulum PBSI yang disesuaikan dengan perkembangan pendidikan, kebutuhan masyarakat, dan tuntutan era digital.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PBSI, Roni Sulistyono, M.Pd., menyampaikan bahwa penyusunan kurikulum ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas lulusan PBSI. “Kurikulum yang disusun harus relevan dengan kebutuhan zaman, terutama dalam menghadapi tantangan di bidang pendidikan dan teknologi,” ujarnya.
Dalam kegiatan penyusunan kurikulum, dipaparkan sejumlah poin penting dalam laporannya. Beberapa di antaranya adalah integrasi literasi digital, penguatan kompetensi pedagogik, serta penyesuaian mata kuliah dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Selain itu, kegiatan ini juga membuka ruang diskusi bagi peserta untuk memberikan masukan dan kritik konstruktif. Salah satu perwakilan mahasiswa, Anisa Rahma, menyampaikan harapannya agar kurikulum baru dapat lebih memfasilitasi pengembangan kreativitas dan keterampilan praktis mahasiswa.
Acara ditutup dengan kesimpulan dan rencana tindak lanjut oleh tim penyusun kurikulum. Diharapkan, kurikulum baru PBSI dapat segera diimplementasikan pada tahun akademik mendatang, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Program Studi PBSI FKIP UAD kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menjawab tantangan di era globalisasi.
Lokakarya Evaluasi OBE Mata Kuliah Semester Genap 2023/2024 Sukses Digelar oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 12 Juli 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan Lokakarya Evaluasi Outcome-Based Education (OBE) untuk mata kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juli 2024, bertempat di Laboratorium PBSI lantai 7, Kampus 4 UAD, Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta.
Lokakarya ini dihadiri oleh seluruh dosen pengampu mata kuliah di lingkungan Prodi PBSI FKIP UAD. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis OBE, yang menjadi acuan dalam kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. OBE sendiri menekankan pada capaian pembelajaran (learning outcomes) yang harus dicapai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah.
Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi PBSI, Roni Sulistyono, M.Pd., yang menyampaikan pentingnya evaluasi berkala terhadap implementasi OBE. “Evaluasi ini bukan sekadar formalitas, melainkan langkah strategis untuk memastikan bahwa proses pembelajaran yang kita lakukan benar-benar mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber ahli dalam bidang kurikulum dan evaluasi pendidikan, Dr. Yosi Wulandari, M.Pd., yang membahas tentang tantangan dan strategi dalam menerapkan OBE secara efektif. Setelah itu, para dosen dibagi ke dalam beberapa kelompok diskusi untuk mengevaluasi capaian pembelajaran setiap mata kuliah, menganalisis kendala yang dihadapi, serta merumuskan solusi untuk perbaikan ke depan.
Salah satu dosen peserta lokakarya, Sudaryanto, M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. “Dengan adanya lokakarya ini, kami bisa saling berbagi pengalaman dan menemukan cara terbaik untuk meningkatkan capaian pembelajaran mahasiswa,” tuturnya.
Lokakarya ditutup dengan penyusunan rekomendasi dan rencana tindak lanjut yang akan diimplementasikan pada semester berikutnya. Harapannya, melalui kegiatan ini, Prodi PBSI FKIP UAD dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang kompeten serta siap bersaing di era global.
Dengan terselenggaranya lokakarya ini, Prodi PBSI FKIP UAD kembali menunjukkan komitmennya dalam menjalankan proses pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada hasil, sejalan dengan visi misi Universitas Ahmad Dahlan untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing global.