Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD Sukses Gelar Penginputan dan Persetujuan Mata Kuliah Semester Genap 2022/2023
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 2 Maret 2023 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), telah menyelenggarakan kegiatan Penginputan dan Persetujuan Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 2 Maret 2023, bertempat di Ruang Meeting Perpustakaan Sayap Timur, Kampus IV UAD, Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta.
Kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta perwakilan mahasiswa. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memastikan kesesuaian dan kelengkapan mata kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa pada semester genap mendatang. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang konsultasi antara dosen dan mahasiswa terkait rencana studi serta pemilihan mata kuliah yang sesuai dengan minat dan kebutuhan akademik.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Roni Sulistyono, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya koordinasi antara dosen dan mahasiswa dalam proses penginputan mata kuliah. “Kegiatan ini tidak hanya sekadar formalitas, tetapi juga menjadi momen untuk memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat merencanakan studinya dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan,” ujarnya.
Selama acara berlangsung, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan dosen pembimbing akademik (DPA) terkait pemilihan mata kuliah. Proses penginputan dilakukan secara online melalui sistem akademik UAD, sementara persetujuan dilakukan oleh DPA untuk memastikan bahwa mata kuliah yang dipilih telah sesuai dengan rencana studi masing-masing mahasiswa.
Salah satu peserta, Septyan, mahasiswa semester IV, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam mempermudah proses pemilihan mata kuliah. “Dengan adanya acara seperti ini, kami bisa langsung berkonsultasi dengan DPA jika ada kendala atau pertanyaan terkait mata kuliah yang akan diambil. Ini sangat memudahkan kami dalam merencanakan studi ke depan,” tuturnya.
Kegiatan ini berjalan lancar dan diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD untuk menjalani semester genap dengan penuh semangat dan persiapan yang matang. Dengan adanya koordinasi yang baik antara dosen dan mahasiswa, diharapkan proses belajar mengajar pada semester genap 2022/2023 dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Media Pembelajaran Berbasis XR dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Calon Guru Bahasa Indonesia
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 18 Juli 2023 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Media Pembelajaran Berbasis XR dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bagi Calon Guru Bahasa Indonesia”. Acara ini berlangsung di Ruang Laboratorium PPG Sayap Timur Lt.6, Kampus IV UAD, dimulai pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta para calon guru yang tertarik dengan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi Extended Reality (XR).
Kuliah umum ini menghadirkan Adhi Kurnia Triatmaja, M.Pd. sebagai pemateri utama, dengan Denik Wirawati, M.Pd. sebagai moderator. Acara ini bertujuan untuk membekali calon guru Bahasa Indonesia dengan pemahaman mendalam mengenai pemanfaatan teknologi XR dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Dalam pemaparannya, Adhi Kurnia Triatmaja, M.Pd. menjelaskan bahwa Extended Reality (XR), yang mencakup Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR), dapat menjadi inovasi dalam dunia pendidikan. Teknologi ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam, sehingga materi yang diajarkan lebih mudah dipahami dan diingat.
Lebih lanjut, Adhi membedah langkah-langkah dalam pengelolaan media pembelajaran berbasis XR, mulai dari perencanaan, pembuatan, hingga implementasi dalam pembelajaran di kelas. Ia menjelaskan bahwa dalam membuat media pembelajaran berbasis XR, terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan, seperti pemilihan platform teknologi yang sesuai, desain interaktif yang menarik, serta ketersediaan perangkat pendukung seperti headset VR atau aplikasi AR. Selain itu, pemateri juga menekankan pentingnya mempertimbangkan karakteristik siswa dalam penggunaan teknologi ini agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.
Selain aspek teknis, Adhi juga menyoroti tantangan dalam penerapan media pembelajaran berbasis XR, termasuk keterbatasan akses perangkat, kesiapan tenaga pengajar dalam mengelola teknologi ini, serta bagaimana memastikan efektivitas penggunaannya dalam kelas. Oleh karena itu, ia mengajak para calon guru untuk mulai mengenali dan mempelajari teknologi XR agar dapat mengoptimalkan manfaatnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Setelah pemaparan materi, sesi diskusi berlangsung dengan antusias. Para peserta aktif mengajukan pertanyaan seputar praktik pembuatan media pembelajaran berbasis XR, strategi implementasinya dalam kelas, serta kendala yang mungkin dihadapi di sekolah-sekolah. Banyak peserta yang tertarik untuk mencoba mengembangkan media pembelajaran mereka sendiri dengan teknologi ini.
Di akhir acara, Adhi Kurnia Triatmaja, M.Pd. berharap agar melalui kuliah umum ini, calon guru Bahasa Indonesia dapat lebih inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan efektif. Ia menekankan bahwa kemajuan teknologi harus dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Dengan terselenggaranya kuliah umum ini, diharapkan mahasiswa PBSI UAD dapat lebih memahami dan mengembangkan media pembelajaran berbasis XR sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.
Penyusunan Bahan Ajar Semester Genap 2022/2023 Sukses Digelar oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 10 Februari 2023 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Bahan Ajar Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Acara yang berlangsung pada Jumat, 10 Februari 2023, ini diadakan di Laboratorium PBSI FKIP UAD, Lantai 7 Gedung Laboratorium Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.
Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen pengampu mata kuliah di Program Studi PBSI FKIP UAD. Tujuan utama dari penyusunan bahan ajar ini adalah untuk memastikan kesiapan materi perkuliahan yang akan disampaikan kepada mahasiswa selama Semester Genap 2022/2023. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk menyelaraskan kurikulum, metode pembelajaran, dan evaluasi yang akan digunakan.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PBSI FKIP UAD, Roni Sulistyono, M.Pd., menekankan pentingnya penyusunan bahan ajar yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman. “Bahan ajar yang baik harus mampu mengakomodasi kebutuhan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di era digital. Selain itu, integrasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan juga harus tetap menjadi prioritas dalam setiap materi yang disampaikan,” ujarnya.
Kegiatan ini berlangsung secara interaktif dengan diskusi kelompok yang dipandu oleh tim ahli kurikulum dan pembelajaran. Para dosen berkolaborasi untuk menyusun silabus, merancang materi perkuliahan, dan menentukan strategi pembelajaran yang inovatif. Beberapa topik yang menjadi fokus dalam penyusunan bahan ajar antara lain pengembangan literasi digital, peningkatan keterampilan menulis kreatif, serta penguatan pemahaman terhadap karya sastra Indonesia.
Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan best practices dalam proses pembelajaran. Beberapa dosen membagikan inovasi pembelajaran yang telah mereka terapkan, seperti penggunaan platform digital, metode pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan student-centered learning.
Kegiatan Penyusunan Bahan Ajar Semester Genap 2022/2023 ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Program Studi PBSI FKIP UAD. Dengan bahan ajar yang terstruktur dan inovatif, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan masyarakat.
“Kami berharap, melalui kegiatan ini, proses pembelajaran di Semester Genap nanti dapat berjalan lebih efektif dan bermakna bagi seluruh mahasiswa PBSI FKIP UAD,” tutup Roni Sulistyono., M.Pd..
Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan penegasan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi PBSI FKIP UAD.
LOKAKARYA ANALISIS CPL MATA KULIAH SEMESTER GENAP TA 2022/2023
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 26 Januari 2023 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sukses menyelenggarakan Lokakarya Analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Januari 2023, bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta. Lokakarya ini dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta beberapa pemangku kepentingan terkait.
Lokakarya ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi keselarasan antara Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan mata kuliah yang akan diajarkan pada Semester Genap TA 2022/2023. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta kesinambungan antara tujuan pembelajaran, materi ajar, dan evaluasi yang dilakukan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta perkembangan zaman.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bapak Roni Sulistyono., M.Pd. menekankan pentingnya lokakarya ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan kurikulum yang relevan. “Lokakarya ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah yang kami ajarkan benar-benar mampu mendukung pencapaian kompetensi lulusan yang diharapkan,” ujarnya.
Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber ahli di bidang kurikulum dan pembelajaran, yang memberikan wawasan tentang penyusunan CPL yang efektif dan implementasinya dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, para dosen dibagi ke dalam beberapa kelompok kerja untuk mendiskusikan dan menganalisis CPL masing-masing mata kuliah. Hasil diskusi tersebut kemudian dipresentasikan dan dibahas bersama guna mendapatkan masukan dan rekomendasi perbaikan.
Selain itu, lokakarya ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan best practices dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran inovatif. Beberapa dosen menyampaikan inovasi-inovasi yang telah mereka terapkan dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan teknologi digital, pendekatan student-centered learning, dan integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam materi ajar.
Acara ditutup dengan penyusunan rekomendasi dan rencana tindak lanjut untuk memperbaiki dan menyempurnakan CPL serta implementasinya dalam pembelajaran. Diharapkan, hasil dari lokakarya ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan pembelajaran pada Semester Genap TA 2022/2023, sehingga mampu meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.
Dengan diselenggarakannya lokakarya ini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD kembali menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan lulusan yang unggul, berdaya saing, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan dunia pendidikan.
LOKAKARYA ANALISIS CPL MATA KULIAH SEMESTER GASAL TA 2022/2023 MELALUI PORTAL
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 26 Januari 2023 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sukses menyelenggarakan Lokakarya Analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Januari 2023, bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta. Lokakarya ini dihadiri oleh para dosen dan tim pengembang kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Lokakarya ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi CPL setiap mata kuliah yang akan diajarkan pada semester genap TA 2022/2023. Melalui portal yang telah disediakan, para dosen dapat menginput dan menyesuaikan CPL dengan kebutuhan kurikulum serta perkembangan terkini dalam dunia pendidikan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UAD memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Roni Sulistyono M.Pd., menekankan pentingnya kolaborasi antar-dosen dalam menyusun dan menganalisis CPL. “Lokakarya ini bukan sekadar formalitas, tetapi langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah yang kita ajarkan benar-benar berkontribusi terhadap pencapaian kompetensi lulusan,” ujarnya.
Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber ahli dalam bidang pengembangan kurikulum dan analisis CPL. Para peserta diajak untuk mendiskusikan tantangan dan peluang dalam menyusun CPL yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Selain itu, lokakarya ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan best practices dalam mengimplementasikan CPL melalui portal yang telah disediakan.
Salah satu dosen peserta lokakarya, Siti Salamah M.Hum., menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Lokakarya ini sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa kita semua berada di jalur yang sama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Portal yang disediakan juga memudahkan kami dalam mengelola dan mengevaluasi CPL,” ujarnya.
Dengan terselenggaranya lokakarya ini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UAD berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan di era globalisasi.