PBSI UAD Gelar Diskusi Ilmiah DIKSI #2
/in Berita /by pbsiProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD menggelar diskusi Ilmiah DIKSI #2 dengan tema “Metode Penelitian Sastra” di Ruang Virtual Zoom, Selasa (13/7). Hadir sebagai pemateri Dr. M. Ardi Kurniawan didampingi moderator Yosi Wulandari, M.Pd. Diskusi ini bagian dari acara rutin kegiatan akademik yang diselenggarakan Prodi PBSI secara berkala.
Dr. Ardi sebagai pemantik diskusi dalam acara tersebut menyampaikan bahwa aktivitas penelitian sastra berbeda dengan membaca karya sastra. Aktivitas penelitian menuntut penggunaan teori dan metode dalam membaca karya sastra. Penggunaan teori dan metode yang sesuai dengan fokus penelitian akan bermanfaat untuk menjadikan hasil penelitian lebih valid dan terukur. Doktor lulusan UNY tersebut juga menekankan mahasiswa untuk menambah wacana mengenai berbagai fenomena sastra di Indonesia. Hal ini akan bermanfaat untuk merumuskan masalah dalam penelitian sastra.
Acara ini diikuti mahasiswa semester VI yang menempuh mata kuliah penelitian sastra. Sesi tanya jawab diisi dengan interaksi antara pemateri dan mahasiswa mengenai kiat-kiat menyusun penelitian sastra.
PBSI UAD Gelar Diskusi Ilmiah DIKSI #3
/in Berita /by pbsiProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD menggelar diskusi Ilmiah DIKSI #3 dengan tema “Metode Penelitian Pendidikan” di Ruang Virtual Zoom, Selasa (13/7). Hadir sebagai pemateri Dr. Purwati Zisca Diana, M.Pd didampingi moderator Yosi Wulandari, M.Pd.
Dr. Zisca menekankan kegiatan observasi sebagai aktivitas yang penting untuk menunjang penyusunan proposal penelitian pendidikan. Observasi pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan dengan terukur dan valid akan membantu mahasiswa dalam proses identifikasi masalah pembelajaran bahasa. Doktor lulusan UNS tersebut juga menekankan mahasiswa untuk menambah referensi bacaan terkait model-model pembelajaran. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilakukan dengan tanya jawab antara pemateri dan mahasiswa mengenai kendala-kendala dalam penulisan proposal penelitian pendidikan.
Acara ini dihadiri oleh sejumlah dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, terutama semester VI. Acara ini menjadi bagian dari aktivitas yang wajib diikuti mahasiswa semester VI yang dalam tahap menyusun proposal penelitian skripsi.
Mahasiswa PPG PBSI UAD Angkatan 1 Tempuh Tahap Akhir Aktivitas PPG Daljab
/in Berita /by pbsiSelasa (13/7) menjadi hari terakhir aktivitas PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Program Profesi Guru UAD Angkatan 1 bidang studi Bahasa Indonesia. Aktivitas PPL menjadi aktivitas terakhir sebelum mahasiswa PPG menempuh UKMPPG. Aktivitas PPL dilaksanakan secara daring dan luring sesuai dengan status zonasi daerah Covid dari peserta PPG bidang studi Bahasa Indonesia.
Selama melaksanakan PPL, mahasiswa melaksanakan 3 siklus pembelajaran. Setiap siklus pembelajaran dilakukan selama 10 hari. Setiap kelompok mahasiswa beranggotakan 8 mahasiswa didampingi oleh 1 dosen dan guru pamong yang berpengalaman. Dosen dan guru pamong memberikan pendampingan, pengarahan, dan koreksi terkait aktivitas praktik pembelajaran yang dilakukan mahasiswa di sekolah. Mahasiswa menyusun RPP, melakukan praktik pembelajaran secara virtual, dan mengerjakan tugas-tugas di e-learning.
Setelah menyelesaikan aktivitas PPL, mahasiswa akan menempuh ujian tahap akhir yang disebut UKMPPG yang meliputi uji kinerja, uji praktik pembelajaran, dan uji pengetahuan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UAD mengucapkan selamat menempuh UKMPPG dan semoga sukses!
HISKI UAD Silaturahmi dengan Kaprodi Bahasa dan Sastra di UAD
/in Berita /by pbsiHISKI Komisariat UAD kembali gelar Silaturahmi dengan Kaprodi dan Sekprodi program studi bahasa dan sastra di lingkungan UAD (14/7). Program studi yang mengikuti acara tersebut antara lain PBSI, PBI, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, dan Bahasa dan Sastra Arab. Pertemuan antara Kaprodi dan Sekprodi dengan pengurus HISKI UAD 2020-2024 dilakukan melalui ruang virtual Zoom.
Selain agenda silaturahmi, Ketua HISKI Komisariat UAD 2020-2024, Dr. Dedi Pramono juga menyampaikan laporan dan rencana kegiatan HISKI UAD pada 2021. Dosen Sastra Indonesia UAD tersebut juga menyampaikan pesan dari Prof. Suwardi Endraswara selaku Ketua HISKI agar HISKI Komisariat UAD mengangkat wacana mengenai sastra Islam dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
Pertemuan tersebut juga menampung usulan dari anggota HISKI UAD mengenai agenda kegiatan yang akan dilakukan. Usulan tersebut antara lain agar membuat pelatihan menulis, pembuatan buku, dan kegiatan rutin yang dapat diselaraskan dengan kegiatan di masing-masing prodi yang tergabung dalam HISKI UAD. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat memantik maraknya aktivitas sastra di kampus UAD.
Lomba Pidato Virtual bagi Siswa SMA/SMK/MA Se-Indonesia
/in Pengumuman /by pbsiLOMBA PIDATO VIRTUAL BAGI SISWA SMA/SMK/MA Se-Indonesia
A. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini merupakan Lomba Pidato Virtual yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Tema Lomba Pidato Virtual adalah “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing”.
B. KETENTUAN LOMBA
- Peserta merupakan siswa SMK, SMA, MA Se-Indonesia.
- Lomba diikuti oleh individu, setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim maksimal 1 (satu) karya.
- Bahasa yang digunakan dalam pidato adalah Bahasa Indonesia.
- Mengisi formulir secara daring di link https://s.uad.id/lombapidatovirtual-tingkatsmasederajat-nas
- Peserta wajib mengikuti akun Instagram @pbsifkipuad @pmb.uad dan subscribe kanal Youtube PBSI FKIP UAD – Official
- Seleksi lomba:
- Peserta membuat naskah pidato sesuai tema yang sudah ditentukan.
- Naskah merupakan karya orisinal.
- Penyampaian pidato dilakukan dengan membuat video.
- Video diunggah ke kanal Youtube masing-masing peserta dengan format judul
“Pidato Virtual PBSI UAD 2021 – Nama – Asal Sekolah – Judul Pidato” - Naskah pidato dan scan kartu pelajar dijadikan satu dalam folder rar/zip
dan diunggah bersama link video pidato virtual di laman pendaftaran. - Pada bagian deskripsi video, peserta wajib menulis keterangan mengikuti lomba pidato virtual PBSI, FKIP, UAD
dan mencantumkan tagar #pbsiuad #pbsifkipuad #fkipuad #lombapidatopbsiuad #universitasahmaddahlan - Format video pidato:
1) Format video adalah mp4.
2) Durasi video selama 3 – 5 menit.
3) Rasio 16:9 dengan resolusi minimal 480p.
4) Mencantumkan logo Perguruan Tinggi Universitas Ahmad Dahlan dan logo sekolah masing-masing.
5) Boleh menggunakan backsound selama tidak mengurangi kualitas kejelasan suara.
6) Boleh menggunakan alat perekam video apapun yang dapat memenuhi persyaratan.
C. WAKTU PELAKSANAAN
1. Pengumpulan Karya: 20 Juni – 20 Juli 2021
2. Tahap Penjurian: 21 – 26 Juli 2021
3. Pengumuman Juara: 27 Juli 2021
D. KRITERIA PENILAIAN
No. | Kriteria | Bobot |
1. | Kesesuaian tema, judul, dan isi pidato | 15% |
2. | Sistematika penyampaian pidato (pembukaan, isi, dan penutup) | 20% |
3. | Penggunaan bahasa yang baik, serta ketepatan dalam pemilihan kata (tata bahasa) | 20% |
4. | Vokal, artikulasi, dan intonasi | 20% |
5. | Gaya / gesture dan mimik wajah | 15% |
6. | Ketepatan waktu | 10% |
E. PENGUMUMAN DAN PENGHARGAAN
1. Pengumuman juara pada 27 Juli 2021 dapat dilihat di
Website : https://pbsi.uad.ac.id
Instagram : @pbsifkipuad
2. Penghargaan
Juara 1 : E-Sertifikat Kejuaraan + Hadiah Uang Rp1.000.000,00
Juara 2 : E-Sertifikat Kejuaraan + Hadiah Uang Rp750.000,00
Juara 3 : E-Sertifikat Kejuaraan + Hadiah Uang Rp500.000,00
Semua peserta mendapat e-sertifikat sebagai peserta
3. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
F. NARAHUBUNG
Denik Wirawati, M.Pd ( 087839313738)
Mahasiswa PBSI UAD Ikuti Pelatihan BIPA
/in Berita /by pbsi
Kusumaning Sekar Fadya Azzahra dan Fikar Zulhaq, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) lolos seleksi Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) yang diselenggarakan pada 22 hingga 26 Maret 2021 secara daring dan luring.
Materi yang diberikan ada beragam, mulai dari tingkatan yang dasar hingga sulit. Materi yang diajarkan disampaikan oleh para narasumber pakar lingkup BIPA di Indonesia. Fadya menyebutkan ada empat keterampilan dasar, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
“Pembahasan pedagogis selain empat kompetensi tersebut, juga ada pengembangan bahan ajar, pemanfaatan media pembelajaran, perencanaan evaluasi pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan praktik simulasi video. Untuk pembahasan di luar pedagogis yaitu wawasan pemahaman lintas budaya,” ungkap Fikar saat diwawancarai pada (25/03/21) melalui WhatsApp.
Program pelatihan BIPA sangat penting bagi mahasiswa yang berkecimpung ke dalam BIPA karena mereka dibentuk kompetensi pedagogis dan pemahaman lintas budayanya agar siap magang pada lembaga-lembaga penyelenggara BIPA di luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.
“Pemahaman lintas budaya sangat penting juga, karena kita kontak dengan orang asing yang mana budaya kita dengan mereka pasti berbeda. Untuk mengantisipasi adanya culture shocked, diperlukan adanya pemahaman lintas budaya tersebut,” tutupnya