LOKAKARYA ANALISIS CPL MATA KULIAH SEMESTER GENAP TA 2022/2023
Yogyakarta, 26 Januari 2023 โ Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sukses menyelenggarakan Lokakarya Analisis Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Mata Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Januari 2023, bertempat di Hotel Grand Rohan Yogyakarta. Lokakarya ini dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta beberapa pemangku kepentingan terkait.
Lokakarya ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi keselarasan antara Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan mata kuliah yang akan diajarkan pada Semester Genap TA 2022/2023. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta kesinambungan antara tujuan pembelajaran, materi ajar, dan evaluasi yang dilakukan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta perkembangan zaman.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bapak Roni Sulistyono., M.Pd. menekankan pentingnya lokakarya ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan kurikulum yang relevan. โLokakarya ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap mata kuliah yang kami ajarkan benar-benar mampu mendukung pencapaian kompetensi lulusan yang diharapkan,โ ujarnya.
Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi oleh narasumber ahli di bidang kurikulum dan pembelajaran, yang memberikan wawasan tentang penyusunan CPL yang efektif dan implementasinya dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, para dosen dibagi ke dalam beberapa kelompok kerja untuk mendiskusikan dan menganalisis CPL masing-masing mata kuliah. Hasil diskusi tersebut kemudian dipresentasikan dan dibahas bersama guna mendapatkan masukan dan rekomendasi perbaikan.
Selain itu, lokakarya ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan best practices dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran inovatif. Beberapa dosen menyampaikan inovasi-inovasi yang telah mereka terapkan dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan teknologi digital, pendekatan student-centered learning, dan integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam materi ajar.
Acara ditutup dengan penyusunan rekomendasi dan rencana tindak lanjut untuk memperbaiki dan menyempurnakan CPL serta implementasinya dalam pembelajaran. Diharapkan, hasil dari lokakarya ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan pembelajaran pada Semester Genap TA 2022/2023, sehingga mampu meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD.
Dengan diselenggarakannya lokakarya ini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD kembali menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan lulusan yang unggul, berdaya saing, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan dunia pendidikan.