Mahasiswa Jurnalistik PBSI UAD Kunjungi Harian Jogja untuk Mendalami Dunia Media Massa
Selasa, 3 Desember 2024, mahasiswa mata kuliah Jurnalistik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan (PBSI UAD) mengadakan kunjungan ke Griya Harian Jogja, Jalan AM Sangaji No. 41, Kota Yogyakarta. Kunjungan ini diikuti oleh 9 mahasiswa yang dipandu oleh Dr. Muhammad Ardi Kurniawan, S.S., M.A., dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik. Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam wawasan mahasiswa mengenai dunia media massa, baik yang berbentuk koran tradisional maupun media digital. Setibanya di lokasi, mahasiswa diterima langsung oleh Budi Cahyana, General Content Manager atau Redaktur Pelaksana Harian Jogja. Dalam kesempatan tersebut, Budi Cahyana memberikan paparan mengenai sejarah Harian Jogja, perkembangan media massa, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh media massa digital dan cetak.
Mahasiswa terlihat antusias mendengarkan berbagai penjelasan yang sangat berharga mengenai industri media yang terus berkembang. Harian Jogja diterbitkan perdana pada 20 Mei 2008, bersamaan dengan perayaan Seabad Hari Kebangkitan Nasional, oleh kelompok penerbit Bisnis Indonesia. Harian Jogja mempunyai visi menjadi perusahaan media yang dikelola secara profesional untuk mengawal nilai luhur budaya, membangun optimisme, menginspirasi, dan mencerdaskan masyarakat. Di tahun ketiga operasionalnya, Harian Jogja memiliki Stasiun Radio Star FM (didukung 26 karyawan). Harian Jogja juga mempublikasikan konten lewat akun Instagram harianjogja, X @Harian_Jogja, Facebook Harian Jogja, Threads @harianjogja, Youtube Harian Jogja, serta TikTok @harianjogja.
Budi juga menjelaskan bagaimana cara kerja redaksi untuk Harian Jogja versi cetak dan online, serta kerja-kerja nurnalistik di lapangan yang harus sesuai dengan kode etik jurnalis. Kemudian cara mengelola konten pemberitaan agar menarik bagi pembaca. Selain itu Budi juga menjelaskan soal industri media massa yang tidak hanya memproduksi berita, namun juga mengelola sumber pemasukan demi keberlangsungan perusahaan media. “Salah satunya melalui iklan dan juga event organizer,” ucapnya. Selain mendapat penjelasan langsung dari Redaktur Pelaksana Harian Jogja, mahasiswa juga berkesempatan untuk melihat langsung dapur redaksi, radio, hingga produksi. Harapannya dengan kunjungan ini mahasiswa bisa mengetahui bagaimana manajemen media massa? Bagaimana memproduksi konten konten jurnalistik yang sesuai kaidah jurnalistik? Sehingga ketika diminta melakukan reportase atau liputan mereka bisa melakukannya,” katanya.