Publikasi Minus Etika
/in Rubrik Opini /by Arif SetiawanRadarjambi.co.id-Belakangan, viral seorang profesor muda (berinisial KD) di sebuah PTS Jakarta telah menerbitkan 160 artikel jurnal selama tahun 2024. Angka 160 menjadi sorotan banyak pihak, termasuk sesama dosen, selain itu, muncul dugaan sang profesor mencatut nama 24 staf pengajar di Universiti Malaysia Trengganu (UMT) dalam artikel-artikelnya itu.
Dari Kasus ini, Kita telisik terjadinya ketidakberesan urusan publikasi dosen kita selama ini. Tahun 2023 lalu, muncul laporan investigasi di media massa nasional tentang joki publikasi guna keperluan jabatan fungsional/jabfung guru besar (GB). Baca Selengkapnya
Penulis: Sudaryanto, M.Pd., Dosen PBSI FKIP UAD
Kuliah Tamu Dramaturgi PBSI UAD: Membuat Struktur Drama yang Kuat dan Mengesankan
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 7 Mei 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali mengadakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Dramaturgi dengan menghadirkan Kedung Darma Romansha, seorang aktor dan sastrawan ternama, sebagai pemateri. Acara ini berlangsung pada Jumat, 7 Mei 2024, bertempat di Studio LAB PBSI UAD mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.
Dalam kuliah tamu ini, Kedung Darma Romansha membahas pentingnya dramaturgi dalam membangun struktur drama yang kuat dan berkesan. Dramaturgi berperan dalam mengatur alur cerita dan karakter agar mampu menciptakan ketegangan serta kesan mendalam bagi audiens. Dengan pemahaman yang baik tentang dramaturgi, seorang penulis atau sutradara dapat menyusun naskah drama yang lebih hidup dan memikat.
Pemateri juga menjelaskan langkah-langkah dalam membangun struktur drama, seperti menentukan plot utama, subplot, dan pengembangan karakter untuk memperkuat tema cerita. Elemen-elemen ini menjadi kunci dalam menciptakan kisah yang solid dan menarik.
Sebagai tambahan, Kedung Darma Romansha memberikan tips penting dalam menulis dan menyusun drama, yaitu memastikan bahwa konflik dalam cerita dapat menarik perhatian audiens dan mampu menggugah emosi mereka. Konflik yang kuat dan relevan akan membuat sebuah drama lebih hidup dan berkesan.
Kuliah tamu ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman mahasiswa PBSI UAD dalam bidang dramaturgi serta meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis dan mengapresiasi karya drama.
Syawalan Keluarga Besar PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan
/in Berita /by Muh. Rayhan MaulanaSyawalan prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dilaksanakan pada Hari Ahad, 21 April 2024 di kediaman Ibu Dedi Wijayanti, S.Pd., M.Hum. Syawalan dihadiri oleh bapak-ibu dosen serta keluarganya masing-masing. Kaprodi PBSI UAD Bapak Roni Sulistiyono, M.Pd. menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa saling memaafkan dan kembali ke fitrahnya, semua kembali 0 – 0 kembali ujar beliau. Syawalan dimulai pukul 10.00 s.d. selesai, diawali dengan pembukaan oleh Pak Hermanto dan dihidangkan Bakso yang sangat segar oleh tuan rumah. Setelah pembukaan diadakan sambutan – sambutan dan selanjutnya pembagian doorprize.
Acara di isi dengan kajian keislaman oleh Prof. Dr. Haryadi, M.Pd. yang menyampaikan keutaman dalam Bulan Syawal dan dalam penyampaiannya di selingi pantun – pantun yang telah beliau siapkan. Kegiatan syawalan diakhiri dengan makan siang bersama dengan hidangan daging, tempe bacem, daun pepaya, dan minuman es sirup. Halal Bi Halal ditutup dengan salam – salam dengan keluarga besar lainnya dan kembali ke rumah masing – masing.
Kuliah Tamu PBSI UAD: Teknik Pembelajaran Mikro dalam Praktik Mengajar
/in Berita /by Arif SetiawanYogyakarta, 19 April 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menggelar Kuliah Tamu Mata Kuliah Pembelajaran Mikro pada Jumat, 19 April 2024 yang bertempat di Laboratorium PBSI, Kampus IV UAD, dengan menghadirkan Dra. Tentrem Lestari, M.Pd. (SMA N 1 Galur Kulonprogo) sebagai pemateri. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai teknik pembelajaran mikro dalam praktik mengajar.
Dalam sesi kuliah tamu ini, pemateri menjelaskan konsep pembelajaran mikro, yaitu strategi mengajarkan satu topik secara mendalam dalam waktu yang terbatas. Teknik ini memungkinkan calon pendidik untuk berlatih mengelola kelas dengan efektif, mengasah keterampilan komunikasi, serta meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan.
Selain itu, pembelajaran mikro memiliki berbagai keuntungan, terutama dalam membantu guru untuk lebih fokus pada kemampuan pengajaran dan interaksi dengan siswa. Dengan menerapkan metode ini, guru dapat mengevaluasi efektivitas pengajaran mereka serta memperoleh umpan balik secara langsung untuk perbaikan di sesi berikutnya.
Kuliah tamu ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa PBSI UAD dalam mengembangkan keterampilan mengajar yang lebih baik dan profesional. Dengan memahami serta menerapkan teknik pembelajaran mikro, calon pendidik dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan yang dinamis.
Kompetisi Mendongeng Multibahasa di Era Digital
/in Pengumuman /by Muh. Rayhan MaulanaHalo Sahabat Dongeng Nusantara … 👋
Siapa yang suka mendongeng?
Kita ada kabar gembira buat kalian…
Kerja sama antara FPBS UPI, Tridaya Group, SEAQIL, SEAMEO CECCEP, KPBA, HISKI mempersembahkan
KOMPETISI MENDONGENG MULTIBAHASA DI ERA DIGITAL
Meningkatkan kemampuan berbahasa dan motivasi berprestasi di era merdeka belajar
Tema mendongeng: “Ragam Budaya Nusantara”
Jangan sia-siakan kesempatan emas ini! Kami tunggu partisipasi kalian.
Informasi lebih lengkap dan pendaftaran peserta klik link berikut👇
https://kompetisimendongeng.qiteplanguage.org
Masa pendaftaran : 29 Maret – 31 Mei 2024
💵 biaya pendaftaran : Rp50.000
Batas pengiriman video karya lomba sampai dengan 31 Mei 2024
Transfer biaya pendaftaran melalui rekening Virtual Account BNI 9882 4474 2223 1991 Atas Nama TRIDAYA OLIMPIADE
Narahubung:
0812 2333 7333 (Wina)
0856 7788 023 (Eri)
Lokakarya Revisi Buku Pedoman Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD Sukses Digelar
/in Berita /by Efa AnggrainiYogyakarta, 11 April 2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sukses menyelenggarakan Lokakarya Revisi Buku Pedoman Skripsi pada hari Senin, 11 April 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Multimedia Kampus 4 UAD dan dihadiri oleh sejumlah dosen, tim penyusun pedoman, serta perwakilan mahasiswa.
Lokakarya ini bertujuan untuk meninjau dan merevisi Buku Pedoman Skripsi agar lebih relevan dengan perkembangan terkini dalam dunia akademik, khususnya dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Revisi ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam menyusun skripsi serta memberikan panduan yang lebih komprehensif dan terstruktur.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Roni Sulistyono, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa revisi pedoman skripsi merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas akademik. “Buku pedoman ini adalah acuan utama bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Dengan adanya revisi, kami berharap dapat memberikan panduan yang lebih jelas dan sesuai dengan kebutuhan saat ini,” ujarnya.
Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, termasuk para dosen senior dan praktisi pendidikan. Mereka membahas berbagai aspek yang perlu diperbarui, seperti format penulisan, sistematika penelitian, serta teknik pengutipan dan penyusunan daftar pustaka yang sesuai dengan standar akademik terbaru.
Selain itu, lokakarya juga membuka ruang diskusi bagi peserta untuk memberikan masukan dan saran terkait revisi pedoman. Partisipasi aktif dari dosen dan mahasiswa menunjukkan antusiasme dan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Dengan terselenggaranya lokakarya ini, diharapkan Buku Pedoman Skripsi yang baru dapat segera diterbitkan dan digunakan sebagai panduan resmi bagi mahasiswa yang akan menyusun skripsi pada tahun akademik berikutnya. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.