Tim dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang terdiri atas: Dr. Purwati Zisca Diana, M.Pd., Denik Wirawati, M.Pd., dan Dra. Zultiyanti, M.A., melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Tim tersebut melakukan kegiatan PPM berupa “Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis Daring dalam Masa Pandemi Covid-19” bagi guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah se-kabupaten Gunungkidul pada (27/07/20) pagi. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Ketua BKS, Bapak Dadang Margono, S.Pd. dan disambut hangat oleh Bapak Agus Suroyo, S.Pd.I., M.Pd.I., Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari, selaku tuan rumah.

Ditemui Humas Prodi PBSI, ketua tim PPM, Dr. Purwati Zisca Diana, M.Pd., menyampaikan tujuan kegiatan PPM tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Target dari kegiatan PPM ini antara lain produk buku ber-ISBN yang berisi kumpulan artikel para guru dalam mengimplementasikan pembelajaran daring.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh guru SMP Muhammadiyah se-kabupaten Gunungkidul sebanyak 25 orang. Para guru terlihat sangat antusias terlibat dalam pelatihan tersebut.