Kita perlu mengenal diri sendiri serta kesadaran dan pemahaman terhadap diri sendiri.

Hal itu disampaikan Monica Tiara, S.Psi dari PT PKSS HR Solution Provider KC Yogyakarta pada “National Job Training” yang digelar Pusat Pengembangan Karir (PPK) UAD Yogyakarta, Kamis (29/7/2021), yang dipandu Hermanto, S.Pd, M.Hum. (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Lebih lanjut disampaikan Monica Tiara dalam National Job Training Online sebagai rangkaian UAD Virtual Job Fair #4 Tahun 2021, dunia kerja merupakan lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kita geluti. “Maka dari itu jangan sampai salah memilih bidang pekerjaan,” kata Monica Tiara, yang sampaikan materi persiapan job interview dan kiat sukses menghadapi dunia kerja.

Mantan Training & Development Staff VICO Indonesia-Oil & Gas Company (2014-2016) jelaskan pula cara membuat CV atau daftar riwayat hidup. “Ini adalah representasi tentang diri Anda yang pertama bagi calon pemberi kerja,” kata Monica, yang juga menjelaskan poin penting dalam CV dan yang harus diperhatikan demi kesuksesan CV.

Menurutnya, gunakan sebaik mungkin untuk menarik perhatian mereka. “Makanya kita harus bisa membuat CV yang menarik dan poin yang harus dicantumkan,” papar Monica.

Menyinggung soal wawancara, Monica mengatakan bahwa proses wawancara pada umumnya berisi tanya-jawab. “Tanya dari pihak HRD dan jawab dari sang pelamar kerja,” kata Monica.

Tujuannya, lanjut Monica, tidak lain adalah mengorek informasi pelamar, “pada akhirnya digunakan untuk menentukan apakah si pelamar itu layak untuk diterima sebagai karyawan atau tidak?”

Dijelaskan Monica, pada saat wawancara, pelamar diberikan kesempatan secara langsung untuk menjelaskan tentang pengetahuan, ketrampilan, pengalaman, strategi kerja dan sikap atau cara mengatasi masalah situasi kerja yang dimiliki.

“Pada saat wawancara pelamar harus mampu menjalaninya dengan proses yang baik,” paparnya.

Bagi Monica, penampilan diri seseorang dapat mencerminkan kepribadian yang baik dan memberikan kesan positif dari masyarakat atau lingkungan.

“Untuk itu hal-hal yang harus diperhatikan adalah sikap atau pembawaan, ekspresi wajah dan bahasa tubuh, ketika berbicara, kebersihan dan kerapian serta tata busana,” kata Monica.

Menyinggung kiat sukses masuk dunia kerja, Monica mengatakan itu ditunjang kedisiplinan diri yang tinggi, potensi diri, fokus pada persoalan yang dilamar, ketrampilan diri untuk menguasai keterampilan tertentu, relasi dengan banyak orang dan mental yang kuat.